Pengertian Asesmen Diagnostik Untuk Siswa (SMP).
Berikut ini pengertian asesmen diagnostik yang dihimpun dari sumbernya,
Asesmen Diagnostik adalah asesmen yang dilakukan secara spesifik untuk mengidentifikasi kompetensi, kekuatan, kelemahan peserta didik, sehingga pembelajaran dapat dirancang sesuai dengan kompetensi dan kondisi peserta didik. Peserta Didik yang perkembangan atau hasil belajarnya paling tertinggal berdasarkan hasil Asesmen Diagnostik, diberikan pendampingan belajar secara afirmatif.
Jenis- Jenis Asesmen Diagnostik.
Terdapat dua jenis asesmen diagnostik yang ada untuk siswa Asesmen diagnostik kognitif dan Asesmen diagnostik non kognitif. Berikut ini Penjelasannya.
Asesmen diagnostik kognitif
Asesmen diagnostik non-kognitif di awal pembelajaran dilakukan untuk menggali hal-hal seperti berikut:
- Kesejahteraan psikologis dan sosial emosi sisiwa
- Aktivitas siswa selama belajar di rumah
- Kondisi keluarga dan pergaulan siswa
- Gaya belajar, karakter, serta minat siswa
Tahapan melaksanakan asesmen diagnostik non-kognitif adalah:
- Persiapan
- Pelaksanaan
- Tindak Lanjut
Asesmen diagnostik non kognitif.
Asesmen diagnostik kognitif bertujuan mendiagnosis kemampuan dasar siswa dalam topik sebuah mata pelajaran.
Pelaksanaan Asesmen diagnostik kognitif ini dapat dilaksanakan secara rutin yang disebut asesmen diagnostik kognitif berkala, pada awal pembelajaran, akhir setelah guru selesai menjelaskan dan membahas topik, dan waktu lain. Asesmen Diagnostik bisa berupa Asesmen Formatif maupun Asesmen Sumatif.
- Persiapan
- Pelaksanaan
- Diagnosis dan Tindak Lanjut
Tujuan Pelaksanaan Asesmen ini untuk siswa.
Secara umum, sesuai namanya asesmen diagnostik bertujuan untuk mendiagnosis kemampuan dasar siswa
Tujuan Asesmen Diagnostik Non-kognitif
- Mengetahui kesejahteraan psikologi dan sosial emosi siswa
- Mengetahui aktivitas selama belajar di rumah
- Untuk Mengetahui kondisi keluarga siswa
- Mengetahui latar belakang pergaulan siswa
- Mengetahui gaya belajar, karakter serta minat siswa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar