Cari Blog Ini

Kamis, 14 Juli 2022

INSTRUMEN ASESMEN DIAGNOSTIK NON-KOGNITIF UNTUK PESERTA DIDIK JENJANG SMP

Berikut ini contoh instrumen yang bisa digunakan dalam melakukan asesment kepada siswa pada awal Tahun Ajaran Baru. 


INSTRUMEN ASESMEN DIAGNOSTIK NON-KOGNITIF

PESERTA DIDIK BARU

UPT SMPN 27 BANDAR LAMPUNG


Assalamualaikum peserta didik baru Kelas VII UPT SMP Negeri 27 Bandar Lampung….

Jawab pertanyaan dibawah ini dengan jujur ya, sehingga bisa memberikan gambaran nyata tentang dirimu. Pertayaan tersebut tidak ada benar atau salah, silakan menjawab sesuai dengan kondisi masing-masing. Jawaban yang kalian tulis disini akan dijamin kerahasiaannya, dan ketika mengisi angket ini boleh didampingi oleh orang tua kalian ya. Terima kasih.

 Tujuan dilakukannya Asesmen diagnostik non-kognitif untuk menggali hal-hal seperti berikut:

• Mengetahui Kesejahteraan psikologis dan sosial emosi sisiwa

• Mengetahui Aktivitas siswa selama belajar di rumah

• Mengetahui Kondisi keluarga dan pergaulan siswa

• Mengetahui Gaya belajar, karakter, serta minat siswa

Manfaat yang kalian dapatkan jika mengisi angket ini dengan keadaan sebenarnya adalah sebagai dasar guru untuk mendampingi kalian dalam proses belajar, sehingga target pembelajaran akan tercapai dan hasil belajar menjadi optimal.

Selamat mengerjakan. 

BIODATA PESERTA DIDIK

 

NAMA PESERTA DIDIK                     :

TEMPAT DAN TANGGAL LAHIR    :

AGAMA                                                 :

JENIS KELAMIN                                  :

ASAL SEKOLAH SEBELUMNYA    :

NAMA ORANG TUA                           :

ALAMAT                                                :

 

JUMLAH SAUDARA KANDUNG     :

NOMOR HP ORANG TUA                                :                                               

  

PERTANYAAN

TUJUAN 1 Kesejahteraan Psikologis dan Sosial Emosi Siswa

 


1.       

  • 4.       Apakah kamu memiliki penyakit bawaan/khusus? (Jika ya, Tuliskan penyakitnya)!

            JAWABAN ……….

 5.       Apakah kelemahan yang kamu miliki? (berhubungan dengan fisik atau karakter atau lainnya)

JAWABAN ……….

 6.       Apakah kelebihan yang kamu miliki? (berhubungan dengan fisik atau karakter atau lainnya)

JAWABAN ……….

 II. TUJUAN Ke-II Mengetahui Aktivitas siswa selama belajar di rumah.

1.    1.  Kegiatan apa saja yang kamu lakukan saat belajar dirumah?JAWABAN ………
2.  Apakah kamu juga membantu ayah/ibu untuk mencari uang (bekerja)? Jika iya, tuliskan bekerja dimana, dan kapan waktunya?JAWABAN ……….
3.       Hal yang paling menyenangkan saat belajar di rumah?JAWABAN ……….
4. Hal yang paling tidak menyenangkan saat belajar di rumah ? JAWABAN ……….

5.  5. Perangkat belajar apa yang digunakan saat belajar dirumah? Silakan diisi sesuai dengan keadaan. (misal, Handphone, tablet, computer, laptop, tidak memiliki HP, tidak memiliki computer).JAWABAN ……….

 III.  TUJUAN Ke-III Mengetahui Kondisi Keluarga Siswa

1.       Nama Ayahmu?

JAWABAN ……….

2.       Pekerjaan Ayahmu?

JAWABAN ……….

 

3.       Nama Ibumu?

JAWABAN ……….

 

4.       Pekerjaan Ibumu?

JAWABAN ……….

 

5.       Jika Pekerjaan Ayah/Ibumu seorang petani/nelayan, apakah memiliki lahan sendiri?

JAWABAN ……….

 

6.       Penghasilan yang dimiliki oleh ayah selama satu bulan?

·         Kurang dari Rp500.000,-

·         Rp500.000,- s.d. Rp1.000.000,-

·         Rp1.000.000,- s.d. Rp2.000.000,-

·         Rp2.000.000,- s.d. Rp3.000.000,-

·         Rp3.000.000,- s.d. Rp4.000.000,-

·         Lebih dari Rp4.000.000,-

JAWABAN ……….

 

7.       Penghasilan yang dimiliki oleh Ibu selama satu bulan?

·         Kurang dari Rp500.000,-

·         Rp500.000,- s.d. Rp1.000.000,-

·         Rp1.000.000,- s.d. Rp2.000.000,-

·         Rp2.000.000,- s.d. Rp3.000.000,-

·         Rp3.000.000,- s.d. Rp4.000.000,-

·         Lebih dari Rp4.000.000,-

JAWABAN ……….

 

IV. TUJUAN Ke-IV Mengetahui Latar Belakang Pergaulan Siswa.

  Kamu termaksuk anak yang suka bergaul?

JAWABAN ……….

 2.       Lingkungan pergaulan seperti apa yang sedang kamu jalani?

JAWABAN ……….

 3.       Saat bergaul, apakah kamu pernah di buly(ejek), apa penyebabnya?

JAWABAN ……….

 4.       Saat bergaul, apakah kamu pernah di membuly(mengejek), mengapa?

JAWABAN ……….

 5.       Lingkungan pergaulan seperti apa yang menurutmu baik dan bagus untuk meningkatkan semangat dan prestasimu?

JAWABAN ……….

V. TUJUAN Ke-V Mengetahui Gaya Belajar, Karakter, serta Minat Siswa.

1. Gaya belajar ada 3, pilihlah salah satu yang sesuai dengan keadaan pada dirimu

A. Gaya belajar secara visual memiliki kemampuan belajar dengan cara melihat. Gaya belajar ini akan lebih banyak menggunakan indera pengelihatan dengan tajam dan teliti, sehingga perlu diberikan beberapa contoh secara nyata tentang berbagai materi.

B. Gaya belajar auditori memiliki indera pendengaran yang lebih baik dan lebih terfokus. Orang dengan gaya belajar ini mampu memahami sesuatu lebih baik dengan cara mendengarkan. Hal ini berkaitan dengan proses menghafal, membaca, atau soal cerita. 

C. Gaya belajar kinestetik lebih menyukai belajar dengan praktik secara langsung, dibandingkan teori. Menyukai aktivitas pembelajaran yang aktif bahkan lewat sebuah permainan. Berusaha menghapal sesuatu dengan mudah dengan cara berjalan-jalan atau membuat sebuah gerakan. 

 JAWABAN ……….

2. Belajar di sekolah, kamu senang mengerjakan tugas  secara berkelompok atau sendiri?

JAWABAN ……….

3. Bakat seperti apa yang telah kamu miliki? (misalnya, bernyanyi, menggambar, menulis, bermain alat music,  

   acting, dan lainnya).

   JAWABAN ……….

4. Hobi yang kamu miliki adalah?

  JAWABAN ……….

5. .Ekstrakulikuler yang kamu minati dan ingin kamu ikuti?

   JAWABAN ……….

6.  Cita-cita yang kamu miliki?

    JAWABAN ……….

7.  Media Sosial yang kamu miliki?

     JAWABAN ……….

 8.  Pelajaran Bidang Studi apa yang kamu senangi? Mengapa?

     JAWABAN ……….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INSTRUMEN ASESMEN DIAGNOSTIK NON-KOGNITIF UNTUK PESERTA DIDIK JENJANG SMP

B erikut ini contoh instrumen yang bisa digunakan dalam melakukan asesment kepada siswa pada awal Tahun Ajaran Baru.  INSTRUMEN ASESMEN DIAG...